Jl. Kusuma Bangsa, Gunung Lingkas, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

smpntarakan5@gmail.com
(0551) 22548
blog-img
07/08/2020

Proses Belajar Mengajar SMP Negeri 5 Tarakan

Cak_Tom | Pendidikan

     Belajar adalah suatu pross yang dilalui manusia dalam rangka mengembangkan kemampuan yang ada atau belajar sering digambarkan dengan kata peningkatan pengetahuan. Belajar bisa dilakukan di mana saja, baik itu dalam ligkungan keluarga maupun lingkunggan sekitar, namun proses belajar mengajar yang lebih terstruktur adalah proses belajar mengajar yang dilaksanakan di lingkungan sekolah, sehingga bisa dikatakan bahwa sekolah adalah tempat belajar mengajar formal.

     Dalam proses belajar meengajar tentu ada yang diajar yang sring disebut dengan siswa da nada yang mengajar yang disebut pengajar atau guru. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pembelajaran yaitu memanusiakan manusia. Dalam rangka mencapai tuujuan pembelajaran seorang guru harus bisa memahami betul psikologi seorang anak didik. Seorang guru harus bisa mengkondisikan ruangan kelas dengan baik sehingga menciptakan suasana yang nyaman. 

Pembawaan materi ajarpun harus disesuaikan dengan karakteristik siswanya, karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap individu itu pasti berbeda-beda  apalagi dalam hal menangkap pelajaran karena setiap siswa pasti berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, sehingga tingkat intelektualnya juga pasti erbeda.

     Faktor lain yang mempengaruhi proses belajar meengajar adalah fasilitas sekolah. Fasilitas sekolah juga membantu menunjang proses tercapainya tujuan pembelajaran. Hal lainnya yang mempengaruhi adalah metode yang digunakan oleh pengajar.

Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada abad ini masih masih terbilang klasik atau bisa dikatakan bahwa pembelajaran pada saat ini masih dominan menggunakan metode ceramah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat guru untuk memanfaatkan media pembelajaran, padahal banyak cara atau media yang bisa digunakan untuk mempermudah proses belajar meengajar apalagi di abad ini sangat mudah sekali untuk mengakses informasi-informasi mengenai metode yang baik digunakan dalam proses belajar mengajar

Media pembelajaran tentu sangat membantu proses belajar mengajar jika kita bisa mengelolanya dengan baik dan benar. Mungkin beberapa guru berfikir behwasanya menggunakan media hanya membuat repot saja, padahal media pembelajaran memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi-materi ajar.

Peran guru dalam proses pembelajaran tentu begitu besar, keaktifan dan kreatifitas dari seorang guru sangat diperlukan guna mencapai tujuan pembelajaran. Namun jika guru cenderung monoton dalam menyampaikan bahan ajar tentu akan membuat suasana dalam proses belajar meengajar kurang hidup dalam artian siswa akan cepat bosan, apalagi jika berhungan dengan pembelajaran eksak, syukur-syukur jika jika siswanya dapat memahami apa yang disampaikan oleh gurunya.

     Oleh karena itu, perlu peran aktif dari seorang pengajar untuk dapat menghidupakan suasana pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan mudah. Salah satu hal yang bisa dilakukan pengajar adalah menggunakan media pembelajaran. Dengan pemanfaatan media pembelajaran yang tepat dapat merubah warna proses belajar megajar jadi menarik.

Bagikan Ke:

Populer